h1

Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

January 27, 2010

Karena hasil pengecekan tekanan darah ku rendah (85/60 mmhg) pada tanggal 27 jan 10, maka ku putuskan untuk membaca beberapa artikel mengenai ‘hipotensi’.

Apa itu tekanan darah?

Tekanan darah adalah kekuatan mendesak oleh darah pada dinding pembuluh darah, dan merupakan salah satu tanda-tanda vital yang penting. Tekanan darah yang dihasilkan oleh jantung dengan memompa darah ke dalam arteri dan diatur oleh respon oleh arteri ke aliran darah.

tekanan darah rendah atau bahasa ilmiahnya hipotensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah lebih rendah dari 90/60 mmhg atau tekanan darah cukup rendah sehingga menyebabkan gejala-gejala seperti pusing dan pingsan.tekanan darah normal adalah 120/80 mmhg.

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas (kunang-kunang) terutama sehabis duduk lama lalu berjalan, keringat dingin (irma banget’), merasa cepat lelah tak bertenaga, bahkan mengalami pingsan yang berulang-ulang.

Hal yang dapat dilakukan sbg pengobatan

1. Banyak minum air putih dan mengurangi alkohol, karena alkohol ternyata dapat membuat dehidrasi yang mengakibatkan tekanan darah menurun meskipun dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

2. Minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak antara 8 hingga 10 gelas per hari, dan sesekali Minumlah kopi dan teh untuk meningkatkan tekanan darah secara temporer, namun waspadalah dengan kandungan kafein yang terdapat dalam kopi.

3. Tidurlah dengan posisi kepala yang diganjal dengan bantal sehingga kepala terangkat sedikit untuk memerangi efek gravitasi. Atau letakkan satu kaki di atas bantal dan condongkan tubuh sejauh mungkin untuk mendorong darah mengalir dari kaki ke jantung.

4. Berolah raga teratur seperti berjalan pagi selama 30 menit, minimal 3x seminggu juga dapat membantu mengurangi timbulnya gejala.olahraga dapat membantu menaikkan tekanan darah, udah tau kan?

5. Agar tekanan darah tidak turun drastis setelah makan, makanlah dalam porsi yang kecil tetapi sering. Batasi makanan berkabhidrat tinggi seperti kentang, nasi, pasta dan roti

itu adalah sebagian besar informasi yang saya dapat mengenai Hipotensi banyak dibaca dari http://alhumairoh.wordpress.com dan http://www.ahliwasir.com

10 comments

  1. klo yang hipertensi gimana?
    kalo yang hipotensi memancing hipertensi gimana?


    • Kalo Hipertensi berarti tekanan darah > 120/80 mmhg.
      kalau masalah hipotensi memancing hipertensi ..
      mmm…. ..
      apakah maksudnya, orang yang menderita hipotensi itu membuat orang jadi hipertensi ??
      kalau begitu, segera periksa k dokter untuk info lebih lanjut. hehehehhee..😀


  2. Untuk point ke empat,
    apakah itu tidak untuk yang hipertensi???


    • bukang lang, itu untuk yang hipotensi.
      karna untuk meningkatkan tekanan darah.

      kalau yang hipertensi kita suruh banyak2 olahraga tekanan darah nya makin naik ntar…
      gabe pinsan annon😉


  3. Nyanyi-nyanyi juga tergolong olahraga…
    nah, jadi sebagai saran,
    nyanyi bisa kita lakuakan di waktu luang..


    • hehehe… kalau olahraga seperti ini saya suka😉
      thanks buat sarannya🙂


  4. wiw… kalo 99/63 mmHg gimana cc?😀


  5. kalo 99/63 masih bisa dikatakan normal dk :p

    betewe, emang ada 99/63 mmHg ???
    hahahahhaha…. dd na ngerjain nich…


  6. berarti ddna masih normal dong… xixiixixiii.😛


    • hihihihihi…🙂

      itu tekanan darah dd na toh..

      ia dd, masih normal kalo gitu..

      jaga kesehatan yah, jangan mau kena hipotensi apalagi hypertensi😀



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: